Social Icons

Pages

Sunday 30 December 2012

3 Langkah Jitu Mengatasi Kerontokan Rambut


  Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan setiap orang. Pada umumnya 100 helai rambut akan rontok setiap harinya. Dalam kondisi normal, rambut yang baru akan tumbuh setelah itu.

  Namun ada kalanya kerontokan harus diwaspadai. Bila kerontokan setiap harinya melebihi 100 helai dan terjadi secara terus menerus, ini adalah awal pertanda rambut Anda bermasalah.
  Cara mudah untuk menghadapi dan mencegah kerontokan rambut adalah membiasakan gaya hidup sehat,  termasuk juga gaya merawat rambut.Tak perlu panik, ikuti saja 3 langkah mudah berikut.



   Perhatikan gizi dan asupan nutrisi
  Perbanyaklah mengonsumsi zat besi dan protein, misalnya ikan, sayuran, dan telur. Makanan mengandung ekstra zat besi seperti kerang dan kacang-kacangan merupakan makanan yang tepat untuk melawan kerontokan.

  Ada baiknya juga untuk mulai memperhatikan reaksi tubuh setiap Anda memakan sesuatu yang baru. Menurut peneliti dari Universitas Maryland, seringkali kerontokan rambut adalah reaksi dari tubuh yang menolak makanan tertentu. Misalnya makanan yang mengandung terlalu banyak garam, seperti makanan laut tertentu atau lainnya. 



    Ubah cara Anda merawat rambut
  Seberapa sering Anda gonta-ganti shampo? Seberapa sering Anda mengaplikasikan berbagai produk perawatan yang mengandung bahan kimia setiap hari? Jangan-jangan justru hal tersebut yang membuat rambut rontok.

  Rambut yang sering kontak dengan bahan kimia yang berasal dari produk penataan rambut cenderung lebih mudah rapuh. Sah saja untuk menata rambut dengan produk styling rambut, tapi imbangi dengan perawatan yang intensif. Rambut akan menjadi mudah rapuh jika tidak mendapatkan perawatan yang baik.

  Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memperhatikan cara Anda keramas. Jangan menunda keramas ketika rambut Anda mengenakan produk styling rambut. Residu bahan kimia yang lama menempel di rambut membuat rambut lekas rapuh.

  Segera cuci bersih rambut Anda menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Gunakan shampo yang bisa membantu memperkuat dan menutrisi rambut. Lanjutkan dengan kondisioner yang sesuai.

  Bila rambut Anda dikeriting, dicat, atau diluruskan, maka rambut membutuhkan perawatan ekstra. Misalnya, oleskan serum rambut yang diformulasi untuk mengatasi rambut rusak atau rambut rontok setiap minggunya.




    Berhati-hati dalam menata rambut
  Apakah Anda sering menata rambut dengan gaya ekor kuda yang diikat kencang, atau disasak? Atau seberapa sering Anda tertidur dalam keadaan rambut masih diikat? Kedua kebiasaan tadi memungkinkan rambut rontok dan patah karena tertarik.

  Kadang secara tidak sadar, kebiasaan kecil seperti ini yang justru membuat kerontokan makin parah. Hindari menguncir rambut terlalu kencang. Dan, kurangi frekuensi menyasak rambut. Biasakan untuk membuka ikatan rambut kemudian menyisirnya sebelum tidur. Kebiasaan ini akan mengurangi rambut yang tertarik secara tak sengaja sewaktu tidur.




  Tip: Perawatan rambut paling mendasar agar rambut terhindar dari kerontokan adalah keramas yang tepat. Syarat keramas yang tepat adalah memilih jenis shampo yang sesuai dengan kondisi rambut.

  Sediakan dua jenis shampo di rumah. Shampo pertama adalah shampo yang sesuai untuk jenis rambut Anda, misalnya rambut normal, atau berminyak. Kedua, selalu sediakan juga shampo di saat terjadi perubahan dalam rambut seperti rontok, bercabang, atau berketombe.

  Beralihlah ke shampo yang sedang dibutuhkan saat itu oleh rambut, baru kemudian kembali menggunakan shampo yang selama ini cocok digunakan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment

 

Blog Archive

About Me

My photo
Seorang yang sederhana,mengerti akan kehidupan,anti merugikan orang lain.Bantulah dirimu sendiri sebelum kamu membantu orang lain.